Perpustakaan Digital Limnologi
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia

101 IKAN HIAS AIR TAWAR NUSANTARA

Image of 101 IKAN HIAS AIR TAWAR NUSANTARA
Indonesia memiliki keanekaragaman jenis ikan yang sangat tinggi, baik yang berasal dari laut maupun perairan darat. Menurut Kottelat dkk. (1993), di Indonesia Barat dan Sulawesi saja tercatat sebanyak 1.032 spesies ikan air tawar, dan data ini belum termasuk ikan-ikan dari Indonesia Timur (Papua, Maluku) maupun Bali dan Nusa Tenggara yang sangat beranekaragam dan spesifik. Widjaja dkk. (2011) menyatakan bahwa Indonesia memiliki 2.184 jenis ikan air tawar. Sebagian di antaranya termasuk dalam kelompok ikan hias dan banyak yang bersifat endemis. Jumlah jenis ikan air tawar endemis Indonesia tercatat sebanyak 440 jenis (Indonesia: Checklist of endemic freshwater fish species, n.d.).
Ikan hias mempunyai peluang pasar yang besar, baik untuk lokal maupun ekspor. Kelebihan ikan hias adalah dapat diusahakan dalam skala besar ataupun skala rumah tangga serta perputaran modal yang relatif cepat. Menurut Soebiakto (2014), dalam kurun waktu 2010–2013 ini, pendapatan rumah tangga dari sektor budi daya ikan hias dapat mencapai Rp5.084.791.000/tahun.
Berdasarkan sifatnya yang demikian maka usaha ikan hias mampu menyerap tenaga kerja, baik di pedesaan maupun di perkotaan. Daerah sentra ikan hias di Indonesia meliputi Jambi, Sumatra Selatan, DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, dan Papua (Teknologi solusi tingkatkan produktivitas ikan hias, n.d.) . Ekspor ikan hias Indonesia dalam beberapa tahun terakhir terus mengalami kenaikan yang umumnya dari ikan hias air tawar. Ikan hias air tawar asal Indonesia banyak diminati karena kekhasan pola warna, perilaku, dan bentuk tubuh serta keanekaragaman jenis yang sangat tinggi. Beberapa jenis ikan hias asli Indonesia banyak diminati, baik di pasaran nasional maupun internasional, antara lain ikan arwana (genus Scleropages), ikan botia (genus Chromobotia), ikan pelangi (dari Sulawesi, genus Marosatherina, Telmatherina), dan dari Papua (genus Melanotaenia), juga beragam jenis Rasbora. Jenis-jenis tersebut merupakan ikan asli Indonesia dan sebagian bersifat endemis. Dari sekian banyak jenis yang dimiliki Indonesia, masih sangat sedikit yang diinformasikan secara baik.
Selain informasi tentang jenis-jenis ikan, dalam buku ini dikemukakan pula informasi asal dan sebaran serta informasi lain nya seperti nama lokal, status, cara pemeliharaan, reproduksi, dan sebagainya. Beranekaragam jenis ikan, beraneka ragam pula cara pe meliharaan, demikian pula cara bereproduksi. Ada ikan poligami, ada pula yang poliandri, ada yang bertelur ada pula yang beranak, ada yang menyebarkan telur, ada pula yang menempelkan telurnya. Informasi status yang dikemukakan dapat berarti endemis, asli, atau status di IUCN (terancam, status langka, rentan, dan lainnya), juga sejarah singkat pemberian nama.
Ketersediaan
IKAN HIAS AIR TAWARMy LibraryTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

-

Penerbit

LIPI Pres : Jakarta.,

Deskripsi Fisik

xx hlm. + 238 hlm.; 14,8 x 21 cm

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

978-979-799-830-1

Klasifikasi

NONE

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

Ke-1

Info Detil Spesifik

http://ebook3d.bit.lipi.go.id/konten/119/

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Pilih Bahasa

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.